Perkembangan teknologi telah terjadi di berbagai sektor. Salah satunya dalam sektor pendidikan. Kini pemanfaatan teknologi dalam pembelajar...

LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi telah terjadi di berbagai sektor. Salah satunya dalam sektor pendidikan. Kini pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran merupakan hal yang diharuskan, dan sudah menjadi tuntutan, terutama bagi seorang guru. Dalam   Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional  (PERMENDIKNAS) Nomor  16  Tahun  2007 tentang  Standar  Kualifikasi  Akademik  dan  Kompetensi  Guru dijelaskan,  bahwa guru harus memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran. Serta guru juga memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Tidak hanya itu, dalam Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia (PPRI) Nomor 74 Tahun 2008 tentang  Guru,  pasal  tiga  ayat  empat  menyatakan  bahwa  kompetensi  pedagogik (ilmu mendidik) yang  harus  dikuasai  guru  dalam  pengelolaan  pembelajaran  peserta  didik, salah satunya adalah pemanfaatan teknologi pembelajaran.

Apabila dilihat dari PERMENDIKNAS Nomor 16 tahun 2007 maupun PPRI nomor 74 tahun 2008, peran teknologi dalam pembelajaran memang sangat penting, sehingga pemerintah mencanangkan agar pendidikan di Indonesia dapat berjalan dinamis dengan perkembangan teknologi. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan adalah menggunakan media pembelajaran berbasis TIK, karena media pembelajaran dapat membantu dalam proses pembelajaran, sebagaimana dipaparkan oleh Sidi dan Sudrajat (2014:180) “media pembelajaran dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan sikap siswa terhadap pembelajaran. Sehingga bersedia terlibat aktif dalam pembelajaran, dengan demikian  peserta didik dapat merasakan pembelajaran yang menyenangkan”.

1.2 Kondisi Kekinian

        Generasi muda pada era ini banyak yang menguasai teknologi. Jelas terdapat perbedaan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Apabila dikaitkan dengan hal tersebut, generasi muda yang dimaksud dalam konteks ini adalah para mahasiswa, dan generasi sebelumnya adalah guru. Dua generasi yang berbeda namun sebenarnya dapat saling melengkapi.

         Ketika perkuliahan, pemanfaatan teknologi merupakan bukan hal asing bagi mahasiswa. Seperti penggunaan Liquid Crystal  Display (LCD), laptop, internet, microsoft office dan lain sebagainnya. Karena sudah menjadi bagian mereka dalam aktivitas sehari-hari, tentunya mereka sudah terbiasa dalam mengoperasikannya. Namun berbeda dengan para guru, seperti yang telah dipaparkan dalam latar belakang, masih ditemukan banyak guru yang kompetensi penguasaan teknologinya kurang. Setelah diwawancarai, para guru tersebut berharap ada pihak yang mau membantu mendampingi mereka dalam belajar penguasaan teknologi.

           Di sisi lain, pada era ini banyak generasi muda yang peduli dengan lingkungan di sekitar mereka. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya komunitas maupun gerakan yang dimotori oleh mahasiswa. Baik dalam bidang sosial, ekonomi, politik, pendidikan, maupun budaya. Namun untuk komunitas maupun gerakan yang langsung berfokus dalam membantu para guru dalam penguasaan teknologi belum dijumpai.

Solusi yang Pernah Ditawarkan

       Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi memang sudah dilakukan, baik oleh pihak pemerintah maupun sekolah. Upaya tersebut seperti pelatihan dan juga workshop pembuatan media pembelajaran berbasis TIK. Namun ternyata upaya tersebut masih kurang optimal, dikarenakan waktu pelaksanaannya yang relatif singkat. Jadi setelah pelatihan atau workshop selesai para guru sudah lupa.

             Upaya seperti pelatihan ataupun workshop media pembelajaran berbasis TIK memang salah satu upaya yang dapat sedikit membantu para guru dalam penguasaan teknologi, namun yang disayangkan tidak semua sekolah dapat melaksanakan kegiatan tersebut, dikarenakan kurangnya biaya.

Gagasan

        Melihat kondisi kekinian dan solusi yang pernah ditawarkan, maka perlu diadakannya satu upaya baru dalam mengatasi permasalahan yang ada. Upaya tersebut adalah dengan membentuk gerakan sosial yang berfokus dalam membantu guru dalam penguasaan teknologi dalam pendidikan.




0 comments:

Powered by Blogger.